Krisis Financial,Bill Gates ambil alih Jawara Orang Terkaya dunia

Diposting oleh nox_luv_lie




Krisis keuangan dunia telah menghempas 332 nama miliuner dari daftar orang terkaya dunia versi majalah Forbes.

Kini tersisa hanya 793 orang saja yang namanya layak dimasukkan dalam daftar, itupun rata-rata mereka juga telah kehilangan 23% kekayaannya. Runtuhnya pasar saham dunia justru mengembalikan Bill Gates, pendiri perusahaan Microsoft, pada posisi pertama.

Walaupun kekayaannya menurun sekitar US$ 18 miliar, menjadi hanya US$40 miliar. Dia berhasil mengalahkan investor Warren Buffet, yang kekayaannya berkurang US$ 25 miliar, menjadi US$ 37 miliar.

Tahun 2008 lalu, Buffet sempat mengalahkan Bill Gates yang bertengger di posisi pertama selama 13 tahun. Semua itu berkat saham perusahaannya, Berkshire Hathaway, ludes terjual dengan harga US$ 150 ribu per lembarnya, tepat sebelum Forbes menyusun daftar orang super kaya 2008.

Namun kini dia tidak bisa terhindar dari krisis keuangan yang turut menjatuhkan harga saham Berkshire Hathaway hingga 50% dalam 12 bulan terakhir ini.

Kebangkrutan

Selain itu, pengusaha India, Anil Ambani kini juga tercatat kehilangan peruntungannya dengan terjun bebas dari peringkat 6 pada tahun lalu ke peringkat 34. Hal ini seiring dengan anjloknya nilai kekayaan Anil sebesar US$ 31,9 miliar dan dalam waktu 12 bulan ini hanya tersisa US$ 10,1 miliar.

Menurunnya tingkat kemakmuran ekonomi dunia tahun ini mengharuskan Forbes menurunkan batasan nilai kekayaan 20 peringkat teratas menjadi US$ 14 miliar ---Tahun 2008 batasan nilainya US$ 21 miliar.

Setahun terakhir ini saja menurut Forbes, hanya terdapat 44 orang yang tercatat nilai kekayaannya meningkat, sementara 656 lainnya bangkrut. Walikota New York Michael Bloomberg, misalnya, adalah satu-satunya orang di peringkat 20 teratas yang tercatat meningkat kekayaannya.

Kekayaannya meningkat US$ 4.5 miliar seiring adanya evaluasi pada data keuangan perusahannya, Bloomberg LP. (rileks)


0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates